CONTOH SOAL SKB PEDAGOGIK CPNS GURU MATEMATIKA

 


1.      Salah satu upaya yang dilakukan guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain….

A.      Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan

B.      Guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan yang ada

C.      Guru merancang upaya  latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional

D.     Guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru

E.      Guru melakukan diskusi dengan teman sejawat untuk mencari kelemahan dari aspek siswa.

JAWABAN: B

PEMBAHASAN:

Upaya yang dilakkan oleh guru dalam perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain dengan mengevaluasi rancangan yang telah digunakan, melakukan tindakan perbaikan.

 

2.      Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan terdapat urutan materi ialah: x – bunga tunggal – y – pertumbuhan – z.  Pengganti x, y, dan z secara berturut-turut untuk melengkapi urutan materi tersebut adalah.

A. Definisi bunga, bunga majemuk, peluruhan

B. Definisi bunga, peluruhan, bunga majemuk

C. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan

D. Baris aritmatika, baris geometri, bunga majemuk

E. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan

JAWABAN: A

PEMBAHASAN:

Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan terdapat urutan materi ialah: Definisi bunga – bunga tunggal – bunga majemuk – pertumbuhan peluruhan

 

3.      Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ....

A.      Memberikan contoh  pentingnya bersikap toleran

B.      Melatih siswa membuat  keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat

C.      Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

D.     Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.

E.      Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan individu di lingkungan rumah siswa.

JAWABAN:D

PEMBAHASAN:

Upaya guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain dengan mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa. Tujuan dari keterampilan social yaitu sarana untuk memperoleh hubungan yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Contohnya: melakukan penyelamatan lingkungan, membantu orang lain, kerja sama, mengambil keputusan, berkomunikasi, wirausaha, dan partisipasi.

 

4.      Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ....

A.      Menentukan kriteria keberhasilan belajar

B.      Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

C.      Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

D.     Merencanakan pengajaran remedi

E.      Merevisi kriteria ketuntasan belajar yang telah dibuat sebelumnya.

JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Hasil analisis digunakan untuk guru untuk menentukan hasil pencapaian ketuntasan belajar siswa melalui perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Perbaikan pembelajaran misalnya pengajaran remidi.

 

5.      Suatu kompetensi dasar pada pembelajaran Matematika Kelas XI adalah menganalisis sifat- sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3. Rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut, kecuali

A. Menentukan adjoin matriks-matriks berordo 3x3

B. Mengidentifikasi matriks singular

C. Menentukan Kofaktor matriks berordo 2x2

D. Menentukan minor matriks berordo 3x3

E. Memahami hubungan matriks identitas dengan invers matriks

JAWABAN: C

PEMBAHASAN:

Salah satu ketentuan merumuskan indicator adalah minimal terdiri dari dua aspek yaitu tingkat kompetensi dan materi pelajaran.  Semua pilihan jawaban sudah memenuhi unsur kompetensi dan materi pelajaran. Jawaban C adalah jawaban yang kurang sesuai dengan KD tersebut karena kofaktor itu materi yang dibicarakan dalam materi menentukan invers matriks berordo 3x3 bukan matriks berordo 2x2

 

6.      Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain ....

A.      Membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda

B.      Mengklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal

C.      Mencari berapa rata-rata nilai kelas

D.     Memberikan pembobotan  nilai untuk tiap soal

E.      Mencari banyak siswa yang berada diatas rata-rata

JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

      Cara penskoran tes bentuk pilihan ganda ada tiga macam, yaitu:

1)     Penskoran tanpa koreksi, adalah penskoran dengan cara setiap butir soal yang dijawab benar mendapat nilai satu (tergantung dari bobot butir soal), sehingga jumlah skor yang diperoleh peserta didik adalah dengan menghitung banyaknya butir soal yang dijawab benar.

2)     Penskoran ada koreksi jawaban, yaitu pemberian skor dengan memberikan pertimbangan pada butir soal yang dijawab salah dan tidak dijawab.

3)     Penskoran dengan butir beda bobot, yaitu pemberian skor dengan  memberikan bobot berbeda pada sekelompok butir soal. Biasanya bobot butir soal menyesuaikan dengan tingkatan kognitif (pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi) yang telah dikontrak guru.

 

7.      Diketahui tujuan sebuah pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa  dapat menemukan volum kerucut. Media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut ialah

A. Kartu masalah yang berisi permasalahan yang berkaitan dengan volum kerucut

B. Tayangan powerpoint yang berisi rumus volum kerucut dan soal-soal

C. Alat peraga berbentuk kerucut, bola dan pasir

D. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir

E. Alat peraga yang berbentuk kerucut, balok dan pasir

JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Karena tujuan  pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat  menemukan volum kerucut, maka media yang bisa digunakan adalah peraga untuk menemukan volume kerucut berdasarkan volum tabung yang sudah dipelajari. Untuk itu media yang paling tepat adalah D yaitu Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir

 

8.      Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah kaidah logika tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ....

A. 1 - 2 tahun

B. 2 - 7 tahun

C. 7 - 11/12 tahun

D. 11/12 - 14/15 tahun

E. 15-18 tahun

JAWABAN: C

PEMBAHASAN:

Tahapan Operasional Konkrit (usia 7–11 tahun), mempunyai ciri-ciri berupa penggunaan logika yang memadai.

 

9.      Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menangapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....

A. Memberikan siswa berpendapat sesuai keinginan

B. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat

C. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan

D. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang benar

E. Jawaban a, b, c, d, benar

JAWABAN: B

PEMBAHASAN:

Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menangapi pendapat siswa lain,  maka tindakan guru yang paling tepat adalah jawaban B yaitu meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat.

 

10.  Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menjelaskam panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah ….

A. Syarat kesebangunan dua segitiga

B. Pengertian kesebanguna dua segitiga

C. Ciri-ciri kesebanguna dua segitiga.

D. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga sebangun

E. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga

JAWABAN: E

Untuk bisa menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasar kesebangunan dua segitiga maka peserta didik tidak cukup hanya mempelajari pengertian, syarat dan ciri ciri kesebangunan dua segitiga, akan tetapi peserta didik harus mempelajari sifat sifat kesebangunan dua segitiga.

 

11.  Diketahui suatu indikator menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Soal berikut yang paling tepat untuk mengukur capaian indikator tersebut ialah

A.      Panjang garis singgung persekutuan luar dua buah lingkaran adalah 12 cm dan jarak dua titik pusat lingkaran tersebut adalah 13 cm. Jika panjang salah satu jari-jari lingkaran adalah 8 cm, Luas lingkaran yang lain adalah...

B.      Diketahui dua buah lingkaran dengan pusat di A dan B, masing-masing berjari-jari 34 cm dan 10 cm. Garis CD merupakan garis singgung persekutuan luar. Bila CD = 32 cm, panjang AB adalah.....

C.      Delapan buah roda dililit dengan tali seperti gambar berikut, masing-masing roda diameternya 14 cm. Tentukan panjang tali yang melilit roda-roda tersebut.

D.     Panjang jari-jari dua lingkaran adalah 29 cm dan 14 cm. Panjang garis singgung persekutuan luarnya 36 cm. Hitung jarak pusat kedua lingkarannya

E.      Apakah yang dimaksud dengan garis singgung lingkaran luar dua lingkaran?

JAWABAN: C

Untuk mengetahui suatu indicator itu sudah tercapai atau belum maka peserta didik perlu diukur apakah sudah mencapai indicator tersebut atau belum. Salah satunya dengan tes tulis. Tes yang dibuat harus mengukur kompetensi yang diharapkan oleh indicator tersebut. Indikator soal tersebut adalah peserta didik dapat menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Soal yang implisit menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran adalah soal C

 

 

12.  Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral.…

A. Prekonvensional

B. Konvensional.

C. Postkonvensional

D. Interkonvensional

E. Nonkonvensional

JAWABAN: B

Pembahasan:

Tingkat Konvensional adalah tahap perkembangan moral yang aturan-aturan dan ungkapan-ungkapan moral dipatuhi atas dasar menuruti harapan keluarga, kelompok atau masyarakat. Pada tingkat ini terdapat juga dua tahap, yaitu tahap orientasi kesepakatan antara pribadi atau disebut “orientasi anak manis” serta tahap orientasi hukum atau ketertiban.

 

13.  Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa di kelas Pak Yudi  mengidentifikasi bahwa jajargenjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Langkah awal yang paling tepat dilakukan  Pak Yudi  untuk merespon hal ini adalah … .

A.      Bertanya kepada siswa apa syarat keanggotaan suatu himpunan

B.      Bertanya kepada siswa mengapa bukan trapesium  yang merupakan anggota himpunan jajargenjang

C.      Bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa pengertian trapesium

D.     Memberi tugas  kepada siswa menggambar jajargenjang dan  menggambar trapezium

E.      Memberi tugas  kepada siswa menuliskan ciri ciri jajargenjang dan  trapezium

JAWABAN:C

PEMBAHASAN:

Beberapa siswa di kelas Pak Yudi mengidentifikasi bahwa jajargenjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Untuk memberikan schafolding sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa maka Guru harus mengetahui sumber kesalahan jawaban siswa itu apa. Untuk itu jawaban yang tepat adalah C yaitu bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa pengertian trapesium, agar masalah nya diketahui.

 

14.  Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah ....

A.      Impulsive

B.      Reflektif

C.      Gaya berfikir terikat

D.     Gaya berfikir bebas

E.      Gaya berpikir terbalik

JAWABAN: A

PEMBAHASAN:

Gaya Belajar Impulsif yaitu cara belajar siswa dalam menyerap pelajaran cenderung dengan cepat-cepat mengambil keputusan tanpa memikirkan secara mendalam untuk memahami konsep konsep informasi yang telah diterimanya.

 

15.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

1)     Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil

2)     Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon

3)     Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri

4)     Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari

Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku behavioristik adalah ...

A.      1 dan 2

B.      2 dan 3

C.      1 dan 3

D.     3 dan 4

E.      1,2 dan 3

JAWABAN: A

PEMBAHASAN:

Menurut teori behavioristik, belajar merupakan perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus (rangsangan) dan respon (tanggapan). Ciri dari teori belajar behaviorisme yaitu: ⇒ mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil ⇒ bersifat mekanistis ⇒ menekankan peranan lingkungan ⇒ mementingkan pembentukan reaksi atau respon ⇒ menekankan pentingnya latihan ⇒ mementingkan mekanisme hasil belajar ⇒ mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar.

 

16.  Guru dapat berbagi media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan media berikut ini, kecuali ....

A.      Facebook

B.      Blog

C.      Youtube

D.     4shared

E.      LinkedIn

JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Ada banyak media pembelajaran yang dapat digunakan seperti: Facebook, Twitter, blog, plurk, linkedIn, youtube.

 

17.  Bila guru membuat tugas kepada anak, dan anak diharuskan mengirimkan hasilnya via email, namun kapasitasnya sampai 1Gb, maka sebaiknya mengirimnya menggunakan ....

A.      Dropbox

B.      Skype

C.      Facebook

D.     Email

E.      Gmail

JAWABAN: A

Pembahasan:

Dropbox bias digunakan untuk mengirim tugas berupa dokumen, foto, video, dan file lainnya. Dropbox merupakan pilihan yang bagus untuk mengirim file yang sangat besar ketimbang 4 opsi pilihan lainnya.

 

18.  Guru akan mengajarkan gradien dengan berbagai macam nilai c yang berubah-ubah, maka sebaiknya guru menggunakan media ….

A.      microsoft access

B.      power point

C.      microsoft excel

D.     microsoft word

E.      Microsoft OneNote

JAWABAN: C

PEMBAHASAN:

Microsoft Office Excel merupakan suatu program perangkat lunak berupa lembar kerja spreadsheet. Media ini digunakan untuk program pengolah angka sekaligus mampu menampilkan grafik (chart) yang lebih dinamis dan menarik. Program ini dapat memberi kesan grafik yang lebih dinamis, warna yang lebih baik, dan simulasi yang dapat berganti-ganti sesuai dengan nilai gradien yang diberikan, sehingga kemiringan garis yang ditampilkan juga berubah mengikuti nilai gradien yang diberikan.

 

19.  Guru akan mengajarkan materi pythagoras, sesuai dengan karakteristik Piaget, maka guru menggunakan ….

A.      alat peraga untuk menemukan rumus pythagoras

B.      siswa menghafal rumus pythagoras

C.      siswa diberi soal untuk dipecahkan sendiri

D.     siswa diskusi bersama temannya dengan membaca modul

E.      siswa membaca modul dan latihan soal secara mandiri.

JAWABAN: A

PEMBAHASAN:

Teorema Pythagoras merupakan peninggalan dari Pythagoras yang penerapannya banyak digunakan hingga saat ini. Pembelajaran mengenai teorama Pythagoras ternyata dapat dibuktikan dengan menggunakan bantuan alat peraga.

 

20.  Guru berperan sebagai fasilitator dalam kelas untuk memberi kemudahan belajar bagi para siswanya seperti mengatur dan menyediakan sumber-sumber untuk belajar,memotivasi siswa untuk berpikir kritis, serta berusaha memahami jalan pikiran siswa. Teori belajar semacam ini disebut teori belajar ….

A.      Behavioristik

B.      Kognitif

C.      Sosial

D.     Humanistik

E.      Tingkah Laku

JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Peran seorang guru dalam pembelajaran humanistik yaitu menjadi fasilitator bagi para peserta didik sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna belajar dalam kehidupan peserta didik. Guru memfasilitasi pengalaman belajar kepada peserta didik dan mendampingi peserta didik untuk memperoleh tujuan pembelajaran.

 

21.  Seorang guru memberikan perintah kepada siswa untuk melakukan kegiatan praktik dan siswa dengan menggunakan pemikirannya melakukan kegiatan praktik yang hasilnya langsung dapat diamati. Teori belajar ini disebut ....

A.      Konstruktivisme

B.      Humanistik

C.      Behavioristik

D.     Sosial

E.      Kognitif

JAWABAN: B

PEMBAHASAN:

Teori behaviorisme mengungkapkan bahwa belajar adalah bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus(perintah melakukan kegiatan praktek) dan respon(dengan pemikirannya melakukan kegiatan praktek).

 

22.  Dalam sebuah kelas, mayoritas siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran sehingga siswa terlihat sering mengantuk ketika mengikuti pembelajaran. Diantara tujuan PTK berikut, yang sesuai dengan permasalahan ialah

A.      Meningkatkan keaktifan siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik

B.      Membandingkan keaktifan siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan  pembelajaran matematika realistik

C.      Mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik

D.     Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran

E.      Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar matematika

JAWABAN: A

PEMBAHASAN:

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Kalau dalam pembelajaran mayoritas siswa kurang aktif maka PTK itu dilakukan dengan tujuan melakukan pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan siswa. Untuk itu jawaban yang tepat adalah jawaban A.

 

23.  Pengembangan RPP harus menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.  Hal ini terdapat dalam komponen RPP yaitu ….

A.      Kompetensi Dasar         

B.      Materi Ajar

C.      Tujuan Pembelajaran

D.     Kompetensi Inti

E.      Media Pembelajaran

JAWABAN: C

PEMBAHASAN:

Tujuan pembelajaran yaitu menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

 

24.  Sertifikasi guru bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kesejahteraan guru, pada kualitas guru dititik beratkan pada proses pembelajaran, di bawah ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan PBM, kecuali … .

A.      Kualifikasi pendidikan S1 yang relevan

B.      Tutorial melalui peer teaching, dalam KKG

C.      Pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM

D.     Sarana prasarana yang megah yang membebankan orang tua/wali murid

E.      Pelatihan Guru melalui kegiatan MGMP

JAWABAN: D

Pembahasan:

Faktor-faktor yag mempengaruhi proses hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. kedua faktor tersebut saling memengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar. Sarana prasarana yang megah yang membebankan orang tua/ wali murid tidak termauk dalam faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan PBM.

 

25.  Cooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada ….

A.      Real word learning

B.      Belajar dalam kelompok kecil

C.      Diskusi kelas

D.     Belajar mandiri

E.      Belajar Drilling

JAWABAN: B

Pembahasan:

Belajar kooperatif (Cooperative Learning) merupakan model pembelajaran dimana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif beranggota empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang heterogen.

 

26.  Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ….

A.      Bersifat fleksibel

B.      Berdasarkan kondisi siswa

C.      Memenuhi kebenaran ilmiah

D.     Berdaarkan kurikulum yang berlaku

E.      Berdasakan kemampuan guru penyusun

JAWABAN: C

Pembahasan:

Prinsip yang harus diperhatiakan dalam pembuatan silabus adalah mematuhi kebenaran ilmiah, karena keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

 

27.  Dalam pendekatan kontektual tugas guru adalah ….

A.      Mengarahkan

B.      Mengintruksikan

C.      Memberi tugas

D.     Mendominasi

E.      Pusat belajar bagi siswa

JAWABAN: A

Pembahasan:

Dalam kelas kontektual, guru memiliki tugas untuk membantu siswa mencapai tujuannya, dimana guru lebih banyak berurusan dengan strategi daripada memberi informasi. Siswa memerlukan guru sebagai pengarah dan pembimbing.

 

28.  Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali … .

A.      coba-ralat (trial and error)

B.      pendidikan langsung

C.      belajar langsung

D.     identifikasi          

E.      Observasi

JAWABAN: E

Pembahasan:

Sikap dan perilaku moral dapat dipelajari dengan cara:

1)     Belajar melalui coba-ralat (trial and error).

2)     Pendidikan langsung yang dilakukan dengan cara anak belajar memberi reaksi tertentu secara tepat dalam situasi tertentu, serta dilakukan dengan cara mematuhi peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat sekitar.

3)     Identifkasi dengan orang yang dikaguminya.

 

29.  Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutantuntutan dari lingkungannya, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serata bertingkah laku di dalam lingkungan social-kulturalnya dikenal sebagai….

A.      akulturasi

B.      Akomodasi

C.      Asimilasi

D.     Sosialisasi

E.      Adaptasi

JAWABAN:C

Pembahasan:

Proses asimilasi akan timbul apabila ada kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebudayaan. Proses asimilasi timbul apabila ada orang perorangan sebagai warga kelompok saling bergaul secara langsung dan intensif dalam waktu yang lama, sehingga kebudayaan dari keduanya saling berubah dan menyesuaikan diri.

 

30.  Pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran dengan situasi atau dunia nyata disebut model pembelajaran ....

A.      Berbasis masalah           

B.      Inkuiri

C.      Aplikatif

D.     Kontekstual

E.      Discovery

JAWABAN: D

Pembahasan:

Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa, yaitu konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama