1. Salah satu upaya yang dilakukan guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain….
A.
Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
B.
Guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan yang ada
C. Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
D. Guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
E. Guru melakukan diskusi
dengan teman sejawat untuk mencari kelemahan dari aspek siswa.
JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Upaya yang dilakkan oleh guru dalam perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain dengan mengevaluasi rancangan yang telah digunakan, melakukan tindakan perbaikan.
2. Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan
terdapat urutan materi ialah: x – bunga tunggal – y – pertumbuhan – z. Pengganti x, y, dan z secara berturut-turut untuk melengkapi urutan materi tersebut adalah.
A. Definisi bunga, bunga majemuk, peluruhan
B. Definisi bunga, peluruhan, bunga majemuk
C. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan
D. Baris aritmatika, baris geometri, bunga
majemuk
E. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan
JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan
terdapat urutan materi ialah: Definisi bunga – bunga tunggal – bunga majemuk –
pertumbuhan peluruhan
3. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ....
A. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
B. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
yang tepat
C. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
E. Mendiskusikan
bagaimana mengatasi permasalahan individu di lingkungan rumah siswa.
JAWABAN:D
PEMBAHASAN:
Upaya guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain dengan mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa. Tujuan dari keterampilan social yaitu sarana untuk memperoleh hubungan yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Contohnya: melakukan penyelamatan lingkungan, membantu orang lain, kerja sama, mengambil keputusan, berkomunikasi, wirausaha, dan partisipasi.
4. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ....
A. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan pengajaran remedi
E. Merevisi kriteria
ketuntasan belajar yang telah dibuat sebelumnya.
JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Hasil analisis digunakan untuk guru untuk menentukan hasil pencapaian ketuntasan belajar siswa melalui perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Perbaikan pembelajaran misalnya pengajaran remidi.
5. Suatu kompetensi dasar pada pembelajaran
Matematika Kelas XI adalah menganalisis
sifat- sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3. Rumusan
indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut, kecuali
…
A. Menentukan adjoin matriks-matriks berordo 3x3
B. Mengidentifikasi matriks singular
C. Menentukan Kofaktor matriks berordo 2x2
D. Menentukan minor matriks berordo 3x3
E. Memahami hubungan matriks identitas dengan
invers matriks
JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Salah satu ketentuan merumuskan indicator adalah
minimal terdiri dari dua aspek yaitu tingkat kompetensi dan materi pelajaran.
Semua pilihan jawaban sudah memenuhi unsur kompetensi dan materi pelajaran. Jawaban C adalah jawaban
yang kurang sesuai dengan KD tersebut karena kofaktor itu materi yang dibicarakan dalam materi menentukan invers matriks berordo 3x3 bukan matriks berordo 2x2
6. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain ....
A. Membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor
soal pilihan ganda
B. Mengklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
C. Mencari berapa rata-rata nilai kelas
D. Memberikan pembobotan nilai untuk tiap soal
E. Mencari banyak siswa
yang berada diatas rata-rata
JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Cara penskoran tes bentuk pilihan ganda ada tiga macam, yaitu:
1) Penskoran tanpa koreksi, adalah penskoran
dengan cara setiap butir soal yang dijawab benar mendapat nilai satu (tergantung dari bobot butir soal), sehingga jumlah skor yang diperoleh peserta didik adalah dengan menghitung banyaknya butir soal yang dijawab benar.
2) Penskoran ada koreksi jawaban, yaitu pemberian skor dengan memberikan pertimbangan pada butir soal yang dijawab salah dan tidak dijawab.
3) Penskoran dengan butir beda bobot, yaitu pemberian skor dengan memberikan bobot berbeda pada sekelompok butir soal. Biasanya bobot butir soal menyesuaikan dengan tingkatan kognitif
(pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi) yang telah dikontrak guru.
7. Diketahui tujuan sebuah pembelajaran ialah
melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan volum kerucut. Media
pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut ialah…
A. Kartu masalah yang berisi permasalahan yang
berkaitan dengan volum kerucut
B. Tayangan powerpoint yang berisi rumus
volum kerucut dan soal-soal
C. Alat peraga berbentuk kerucut, bola dan pasir
D. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan
pasir
E. Alat peraga yang berbentuk kerucut, balok dan
pasir
JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Karena tujuan
pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan volum kerucut, maka media yang bisa digunakan adalah
peraga untuk menemukan volume kerucut berdasarkan volum tabung yang
sudah dipelajari. Untuk itu media yang paling
tepat adalah D yaitu Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir
8. Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah kaidah logika tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ....
A. 1 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12 - 14/15 tahun
E. 15-18 tahun
JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Tahapan Operasional Konkrit (usia 7–11 tahun), mempunyai ciri-ciri berupa penggunaan logika yang memadai.
9. Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk
menangapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....
A. Memberikan siswa berpendapat sesuai keinginan
B. Meminta siswa lain untuk memperhatikan
temannya yang berpendapat
C. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan
D. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang
benar
E. Jawaban a, b, c, d, benar
JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk
menangapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah jawaban B yaitu
meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat.
10. Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada
pembelajaran geometri adalah menjelaskam panjang sisi suatu segitiga
berdasarkan kesebangunan dua segitiga. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah ….
A. Syarat kesebangunan dua segitiga
B. Pengertian kesebanguna dua segitiga
C. Ciri-ciri kesebanguna dua segitiga.
D. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga
sebangun
E. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga
JAWABAN: E
Untuk bisa menjelaskan panjang sisi suatu
segitiga berdasar kesebangunan dua segitiga maka peserta didik tidak cukup hanya mempelajari pengertian, syarat dan
ciri ciri kesebangunan dua segitiga,
akan tetapi peserta didik harus mempelajari sifat sifat kesebangunan dua
segitiga.
11. Diketahui suatu indikator menghitung panjang
garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Soal berikut yang paling tepat
untuk mengukur capaian indikator tersebut ialah…
A. Panjang garis singgung persekutuan luar dua buah
lingkaran adalah 12 cm dan jarak dua titik pusat lingkaran tersebut adalah 13 cm. Jika panjang salah
satu jari-jari lingkaran adalah 8 cm, Luas lingkaran yang lain adalah...
B. Diketahui dua buah lingkaran dengan pusat di A
dan B, masing-masing berjari-jari 34 cm dan 10 cm. Garis CD merupakan garis singgung persekutuan luar.
Bila CD = 32 cm, panjang AB adalah.....
C. Delapan buah roda dililit dengan tali seperti
gambar berikut, masing-masing roda diameternya 14 cm. Tentukan panjang tali yang melilit roda-roda
tersebut.
D. Panjang jari-jari dua lingkaran adalah 29 cm dan
14 cm. Panjang garis singgung persekutuan
luarnya 36 cm. Hitung jarak pusat kedua lingkarannya
E. Apakah yang dimaksud dengan garis singgung
lingkaran luar dua lingkaran?
JAWABAN: C
Untuk mengetahui suatu indicator itu sudah
tercapai atau belum maka peserta didik perlu diukur apakah sudah mencapai indicator tersebut atau belum. Salah
satunya dengan tes tulis. Tes yang dibuat harus mengukur kompetensi yang
diharapkan oleh indicator tersebut. Indikator soal tersebut adalah peserta didik dapat menghitung panjang garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran. Soal yang implisit menghitung
panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran adalah soal C
12. Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral.…
A. Prekonvensional
B. Konvensional.
C. Postkonvensional
D. Interkonvensional
E. Nonkonvensional
JAWABAN: B
Pembahasan:
Tingkat Konvensional adalah tahap perkembangan moral yang aturan-aturan dan ungkapan-ungkapan moral dipatuhi atas dasar menuruti harapan keluarga, kelompok atau masyarakat. Pada tingkat ini terdapat juga dua tahap, yaitu tahap orientasi kesepakatan antara pribadi atau disebut “orientasi anak manis” serta tahap orientasi hukum atau ketertiban.
13. Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa
siswa di kelas Pak Yudi mengidentifikasi bahwa jajargenjang merupakan anggota dari himpunan
trapesium. Langkah awal yang paling
tepat dilakukan Pak Yudi untuk
merespon hal ini adalah … .
A. Bertanya kepada siswa apa syarat keanggotaan suatu himpunan
B. Bertanya kepada siswa mengapa bukan
trapesium yang merupakan anggota
himpunan jajargenjang
C. Bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang
dan apa pengertian trapesium
D. Memberi tugas
kepada siswa menggambar jajargenjang dan
menggambar trapezium
E. Memberi tugas
kepada siswa menuliskan ciri ciri jajargenjang dan trapezium
JAWABAN:C
PEMBAHASAN:
Beberapa siswa di kelas Pak Yudi mengidentifikasi bahwa jajargenjang merupakan
anggota dari himpunan trapesium. Untuk
memberikan schafolding sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa maka Guru harus mengetahui sumber kesalahan jawaban
siswa itu apa. Untuk itu jawaban yang tepat adalah C yaitu bertanya
kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa pengertian trapesium, agar
masalah nya diketahui.
14. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa
mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya
belajar para siswa tersebut adalah ....
A.
Impulsive
B.
Reflektif
C.
Gaya berfikir terikat
D.
Gaya berfikir bebas
E.
Gaya berpikir terbalik
JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Gaya
Belajar Impulsif yaitu cara belajar siswa dalam menyerap pelajaran cenderung
dengan cepat-cepat mengambil keputusan tanpa memikirkan secara mendalam untuk
memahami konsep konsep informasi yang telah diterimanya.
15. Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut ini:
1) Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian
kecil
2) Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan
respon
3) Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui
pengalaman belajar mandiri
4) Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yang merupakan
karakteristik teori belajar tingkah laku behavioristik adalah ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1,2 dan 3
JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Menurut teori behavioristik, belajar
merupakan perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara
stimulus (rangsangan) dan respon (tanggapan). Ciri dari teori belajar
behaviorisme yaitu: ⇒ mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil ⇒ bersifat
mekanistis ⇒ menekankan peranan lingkungan ⇒ mementingkan pembentukan reaksi
atau respon ⇒ menekankan pentingnya latihan ⇒ mementingkan mekanisme hasil
belajar ⇒ mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar.
16. Guru dapat berbagi media pembelajaran yang dibuat dengan
menggunakan media berikut ini, kecuali ....
A.
Facebook
B.
Blog
C.
Youtube
D.
4shared
E.
LinkedIn
JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Media
pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga
dapat mendorong proses belajar. Ada banyak media pembelajaran yang dapat
digunakan seperti: Facebook, Twitter, blog, plurk, linkedIn, youtube.
17.
Bila guru membuat tugas kepada anak,
dan anak diharuskan mengirimkan hasilnya via email, namun kapasitasnya sampai
1Gb, maka sebaiknya mengirimnya menggunakan ....
A. Dropbox
B. Skype
C. Facebook
D. Email
E. Gmail
JAWABAN: A
Pembahasan:
Dropbox bias digunakan untuk mengirim
tugas berupa dokumen, foto, video, dan file lainnya. Dropbox merupakan pilihan
yang bagus untuk mengirim file yang sangat besar ketimbang 4 opsi pilihan lainnya.
18. Guru akan mengajarkan gradien dengan berbagai macam nilai c
yang berubah-ubah, maka sebaiknya guru menggunakan media ….
A. microsoft access
B. power point
C. microsoft excel
D. microsoft word
E. Microsoft OneNote
JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Microsoft Office Excel merupakan suatu
program perangkat lunak berupa lembar kerja spreadsheet. Media ini digunakan
untuk program pengolah angka sekaligus mampu menampilkan grafik (chart) yang
lebih dinamis dan menarik. Program ini dapat memberi kesan grafik yang lebih
dinamis, warna yang lebih baik, dan simulasi yang dapat berganti-ganti sesuai
dengan nilai gradien yang diberikan, sehingga
kemiringan garis yang ditampilkan juga berubah mengikuti nilai gradien yang
diberikan.
19. Guru akan mengajarkan materi pythagoras, sesuai dengan
karakteristik Piaget, maka guru menggunakan ….
A. alat peraga untuk menemukan rumus pythagoras
B. siswa menghafal rumus pythagoras
C. siswa diberi soal untuk dipecahkan sendiri
D. siswa diskusi bersama temannya dengan membaca modul
E. siswa membaca modul dan latihan soal
secara mandiri.
JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Teorema Pythagoras merupakan
peninggalan dari Pythagoras yang penerapannya banyak digunakan hingga saat ini.
Pembelajaran mengenai teorama Pythagoras ternyata dapat dibuktikan dengan
menggunakan bantuan alat peraga.
20. Guru berperan sebagai fasilitator dalam kelas untuk memberi
kemudahan belajar bagi para siswanya seperti mengatur dan menyediakan
sumber-sumber untuk belajar,memotivasi siswa untuk berpikir kritis, serta
berusaha memahami jalan pikiran siswa. Teori belajar semacam ini disebut teori
belajar ….
A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Sosial
D. Humanistik
E. Tingkah Laku
JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Peran seorang guru dalam pembelajaran
humanistik yaitu menjadi fasilitator bagi para peserta didik sedangkan guru
memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna belajar dalam kehidupan peserta
didik. Guru memfasilitasi pengalaman belajar kepada peserta didik dan
mendampingi peserta didik untuk memperoleh tujuan pembelajaran.
21. Seorang guru memberikan perintah kepada siswa untuk
melakukan kegiatan praktik dan siswa dengan menggunakan pemikirannya melakukan
kegiatan praktik yang hasilnya langsung dapat diamati. Teori belajar ini
disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Humanistik
C. Behavioristik
D. Sosial
E. Kognitif
JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Teori behaviorisme mengungkapkan bahwa
belajar adalah bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk
bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus(perintah melakukan kegiatan
praktek) dan respon(dengan pemikirannya melakukan
kegiatan praktek).
22. Dalam sebuah kelas, mayoritas siswa kurang aktif
mengikuti pembelajaran sehingga siswa terlihat sering mengantuk ketika
mengikuti pembelajaran. Diantara tujuan PTK berikut, yang sesuai dengan permasalahan ialah…
A. Meningkatkan keaktifan siswa melalui pendekatan
pembelajaran matematika realistik
B. Membandingkan keaktifan siswa sebelum dan
sesudah penerapan pendekatan
pembelajaran matematika realistik
C. Mengembangkan perangkat pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik
D. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi
keaktifan siswa dalam pembelajaran
E. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi
rendahnya prestasi belajar matematika
JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran. Kalau dalam pembelajaran mayoritas siswa
kurang aktif maka PTK itu dilakukan dengan tujuan melakukan pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan siswa. Untuk itu
jawaban yang tepat adalah jawaban A.
23. Pengembangan RPP harus menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. Hal ini terdapat dalam komponen RPP yaitu ….
A. Kompetensi Dasar
B. Materi Ajar
C. Tujuan Pembelajaran
D. Kompetensi Inti
E. Media Pembelajaran
JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Tujuan pembelajaran yaitu menggambarkan
proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai
dengan kompetensi dasar.
24. Sertifikasi guru bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan
kesejahteraan guru, pada kualitas guru dititik beratkan pada proses
pembelajaran, di bawah ini adalah faktor-faktor
yang mempengaruhi peningkatan PBM, kecuali … .
A. Kualifikasi pendidikan S1 yang relevan
B. Tutorial melalui peer teaching, dalam KKG
C. Pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM
D. Sarana prasarana yang megah yang membebankan orang tua/wali
murid
E. Pelatihan Guru melalui kegiatan MGMP
JAWABAN: D
Pembahasan:
Faktor-faktor yag mempengaruhi proses
hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor
eksternal. kedua faktor tersebut saling memengaruhi dalam proses individu
sehingga menentukan kualitas hasil belajar. Sarana prasarana yang megah yang
membebankan orang tua/ wali murid tidak termauk dalam faktor-faktor yang
mempengaruhi peningkatan PBM.
25. Cooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang
memfokuskan pada ….
A.
Real word learning
B. Belajar dalam kelompok kecil
C. Diskusi kelas
D. Belajar mandiri
E. Belajar Drilling
JAWABAN: B
Pembahasan:
Belajar kooperatif (Cooperative
Learning) merupakan model pembelajaran dimana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok
kecil secara kolaboratif beranggota empat sampai enam orang dengan struktur
kelompok yang heterogen.
26. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan
adalah ….
A. Bersifat fleksibel
B. Berdasarkan kondisi siswa
C. Memenuhi kebenaran ilmiah
D. Berdaarkan kurikulum yang berlaku
E. Berdasakan kemampuan guru penyusun
JAWABAN: C
Pembahasan:
Prinsip yang harus diperhatiakan dalam
pembuatan silabus adalah mematuhi kebenaran ilmiah, karena keseluruhan materi
dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
27. Dalam pendekatan kontektual tugas guru adalah ….
A. Mengarahkan
B. Mengintruksikan
C. Memberi tugas
D. Mendominasi
E. Pusat belajar bagi siswa
JAWABAN: A
Pembahasan:
Dalam kelas kontektual, guru memiliki
tugas untuk membantu siswa mencapai tujuannya, dimana guru lebih banyak
berurusan dengan strategi daripada memberi informasi. Siswa memerlukan guru
sebagai pengarah dan pembimbing.
28. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral
merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada
fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara
berikut, kecuali … .
A. coba-ralat (trial and error)
B. pendidikan langsung
C. belajar langsung
D. identifikasi
E. Observasi
JAWABAN: E
Pembahasan:
Sikap dan perilaku moral dapat
dipelajari dengan cara:
1) Belajar melalui coba-ralat (trial and error).
2) Pendidikan langsung yang dilakukan dengan cara anak belajar
memberi reaksi tertentu secara tepat dalam situasi tertentu, serta dilakukan
dengan cara mematuhi peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, maupun
masyarakat sekitar.
3) Identifkasi dengan orang yang dikaguminya.
29. Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap
rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutantuntutan dari
lingkungannya, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serata
bertingkah laku di dalam lingkungan social-kulturalnya dikenal sebagai….
A. akulturasi
B. Akomodasi
C. Asimilasi
D. Sosialisasi
E. Adaptasi
JAWABAN:C
Pembahasan:
Proses asimilasi akan timbul apabila
ada kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebudayaan. Proses asimilasi
timbul apabila ada orang perorangan sebagai warga kelompok saling bergaul
secara langsung dan intensif dalam waktu yang lama, sehingga kebudayaan dari keduanya
saling berubah dan menyesuaikan diri.
30. Pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi
pelajaran dengan situasi atau dunia nyata disebut model pembelajaran ....
A.
Berbasis masalah
B.
Inkuiri
C.
Aplikatif
D.
Kontekstual
E. Discovery
JAWABAN: D
Pembahasan:
Pembelajaran kontekstual (Contextual
Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan
antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa, yaitu konteks
kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga
siswa memiliki pengetahuan/ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi
sendiri secara aktif pemahamannya.
Posting Komentar