Mata Uang Dunia dan Fakta Menariknya

 Mata Uang Dunia dan Fakta Menariknya

Ada berbagai fakta menarik tentang mata uang dunia yang layak untuk disimak. Selain bermanfaat untuk menambah tabungan stok pengetahuan kita tentang negara-negara di dunia ini beserta elemen-elemennya seperti bendera, lagu kebangsaan, dan juga mata uangnya, pengetahuan ini juga bermanfaat ketika kita akan berkunjung atau berwisata ke negara tertentu. Ada berbagai macam jenis mata uang dunia yang telah ada. Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda. Meskipun ada beberapa negara yang tergabung dalam satu mata uang seperti negara-negara di Eropa, akan tetapi masih banyak negara yang lebih memilih menggunakan mata uang mereka sendiri.

Negara-negara yang masih menggunakan mata uang dunia mereka sendiri mempunyai berbagai macam alasan yang berbeda. Tapi kebanyakan dari mereka mengaku dengan menggunakan mata uang negara mereka sendiri, mereka memiliki kebebasan dan otoritas penuh untuk mengatur perekonomian di negaranya. Selain itu, dengan memakai mata uang sendiri, keadaan perekonomian di negara mereka lebih kuat dan tidak mudah terpengaruh dengan arus perekonomian negara lain yang tidak stabil.


Seperti kita tahu, dua buah mata uang mempunyai nilai tukar yang besarnya sangat bergantung pada potensi ekonomi yang dimiliki dua negara tersebut. Selain itu, jumlah uang yang aktif maupun pasif juga ikut mempengaruhi nilai tukar matau uang dua negara tersebut. Nilai mata uang tidak pernah selalu stabil dan cenderung sering berubah. Inflasi yang terjadi di dua negara tersebutlah salah satu penyebab ketidak stabilan tersebut. Selain nilai tukar dan ketidakstabilannya, mata uang yang ada di nunia ini menyimpan berbgai fakta menarik untuk diungkap. Fakta pertama yang penting untuk diketahui tentang mata uang adalah tentang sepuluh mata uang dunia yang lebih tinggi daripada nilai US Dollar. Fakta kedua adalah matauang yang digunakan di benua Eropa.


Sepuluh Mata Uang Dunia yang Bernilai Lebih Tinggi Dibanding Dollar

Ada sepuluh mata uang dunia yang mempunyai nilai lebih tinggi dibanding dengan dollar. Hal tersebut sangat menarik untuk diketahui mengingat US Dollar memiliki kekuasaan luar biasa terhadap nilai mata uang yang lain. Sepuluh mata uang tersebut didominasi oleh mata uang negara-negara timur tengah seperti Dinar Kuwait, Dinar Bahrain, Rial Omani, dan Dinar Yordania. Enam mata uang lain yang memiliki nilai lebih tinggi dibanding US Dollar adalah Maltese Lira, Cyprus Pound, Pound Sterling, Lat Latvia, Euro, Dollar kepulauan Cayman.


Mata Uang Dunia Yang Digunakan di Benua Eropa

Sebagian besar negara-negara di benua Eropa menggunakan satu mata uang, yaitu Euro. Negara-negara yang menggunakan Euro adalah Spanyol, Irlandia, Perancis, Portugal, Belanda, Slovenia, Jerman, Malta Andorra, Yunani, dan Monetenegro. Beberapa negara selain yang disebutkan masih menggunakan mata uang negaranya sendiri. Sedangkan Inggris menggunakan Pound Sterling. Itulah faktor menarik tentang mata uang dunia.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama