sejarah kerajaan majapahit

sejarah kerajaan majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar yang pernah ada di Indonesia pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Berikut adalah sejarah singkat tentang kerajaan Majapahit:

Awal Mula

Kerajaan Majapahit didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya, seorang pangeran dari Kerajaan Singhasari yang tergulingkan oleh pasukan Mongol. Raden Wijaya kemudian meminta bantuan dari pasukan Kubilai Khan untuk merebut kembali tahtanya dari Jayakatwang, tetapi malah memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil alih kekuasaan di Kerajaan Singhasari.

Zaman Kejayaan

Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389) yang dikenal sebagai Raja Rajanya Nusantara. Selama masa pemerintahannya, Majapahit menjadi kerajaan yang sangat kuat dan kaya raya. Hayam Wuruk juga menjalin hubungan dengan negara-negara asing seperti Cina, India, dan Arab.

Perkembangan Seni dan Budaya

Selama masa pemerintahan Hayam Wuruk, seni dan budaya Majapahit berkembang pesat. Contohnya adalah relief Candi Borobudur yang dibangun pada masa pemerintahan Sailendra dan Mpu Sindok, namun dipugar dan diperluas pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Selain itu, pada masa ini juga terjadi perkembangan sastra dan kesusastraan, seperti terciptanya kitab Negarakertagama oleh Mpu Prapanca.

Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit mulai merosot pada abad ke-15 akibat serangan dari pasukan Islam dari Kesultanan Demak. Pada tahun 1478, pasukan Demak berhasil merebut ibu kota Majapahit dan menjadikan Surabaya sebagai pusat kekuasaannya. Setelah itu, Majapahit mengalami perpecahan dan akhirnya runtuh pada abad ke-16.

Itulah sejarah singkat tentang kerajaan Majapahit. Meskipun telah runtuh, Majapahit tetap dikenal sebagai salah satu kerajaan besar dan berpengaruh dalam sejarah Indonesia.


0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama