RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi :
Gerak Dasar Lokomotor dalam permainan sederhana atau
tradisional
Materi Pokok : Gerakan
Berjalan
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.
TUJUAN
a. Menjelaskan gerak
dasar lokomotor berjalan, berjalan berpasangan, berlajan lurus dalam bebagai
bentuk permainan sederhana atau tradisional.
b. Mempraktikkan gerak
dasar lokomotor berjalan, berjalan berpasangan, berlajan lurus dalam bebagai
bentuk permainan sederhana atau tradisional.
B.
MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
1.
Whatsapp
Grup
2.
Google
Form
3.
PPT
4.
Video
tentang materi pembelajaran
5.
Buku
siswa
6.
Buku
guru
C.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
v
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan
dengan membaca doa dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan
aplikasi lainnya (Orientasi). v Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) v Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Penyampaian panduan cara belajar selama
Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup, Google Form dan
PPT/Power Point ). 2.
Pelaksanaan
Tugas Ø Mengamati – Peserta didik mengamati video tentang gerak dasar
lokomotor berjalan, berjalan berpasangan, berlajan lurus dalam bebagai bentuk
permainan sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru melalui link
youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). Ø Menanya – Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi gerak dasar lokomotor
berjalan, berjalan berpasangan, berlajan lurus dalam bebagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional. (Critical Thinking and problem solving) Ø Menalar – Siswa mencoba
berdiskusi dengan teman dan orang disekitar, (Collaboration and
communication) Ø Mencoba – Siswa diberi
kesempatan untuk mempraktikkan gerak dasar lokomotor berjalan, berjalan
berpasangan, berlajan lurus dalam bebagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
Ø Mengkomunikasikan – Peserta didik
menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada guru (Comunication) 3.
Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya 4.
Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua 2.
Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
C.
PENILAIAN
1. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
2. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
3. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi :
Gerak Dasar Lokomotor dalam permainan sederhana atau
tradisional.
Materi Pokok : Gerakan
Berlari
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
D.
TUJUAN
a. Menjelaskan gerak
dasar lokomotor berlari dalam permainan ayam dan elang.
b. Mempraktikkan gerak
dasar lokomotor berlari dalam permainan ayam dan elang.
E.
MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
1.
Whatsapp
Grup
2.
Google
Form
3.
PPT
4.
Video
tentang materi pembelajaran
5.
Buku
siswa
6.
Buku
guru
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Ø Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). Ø Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) Ø Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) Ø Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Penyampaian panduan cara belajar selama
Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup, Google Form dan
PPT/Power Point ). 2.
Pelaksanaan
Tugas Ø Mengamati – Peserta didik mengamati video tentang gerak dasar
lokomotor berlari dalam permainan ayam dan elang yang diberikan oleh guru
melalui link youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). Ø Menanya – Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi gerak dasar lokomotor berlari
dalam permainan ayam dan elang. (Critical Thinking and problem solving) Ø Menalar – Siswa mencoba
berdiskusi dengan teman dan orang disekitar, (Collaboration and
communication) Ø Mencoba – Siswa diberi
kesempatan untuk mempraktikkan gerak dasar lokomotor berlari dalam permainan
ayam dan elang. Ø Mengkomunikasikan – Peserta didik
menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada guru (Comunication) 3.
Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya 4.
Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
3.
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua 4.
Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
D.
PENILAIAN
4. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
5. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
6. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. - |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi :
Gerak Dasar Lokomotor dalam permainan sederhana atau
tradisional.
Materi Pokok : Gerakan
Melompat dan meloncat
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
G.
TUJUAN
a. Menjelaskan gerak
dasar lokomotor melompat dan meloncat dalam bebagai bentuk permainan sederhana
atau tradisional.
b. Mempraktikkan gerak
dasar lokomotor melompat dan meloncat dalam bebagai bentuk permainan sederhana
atau tradisional.
H.
MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
1.
Whatsapp
Grup
2.
Google
Form
3.
PPT
4.
Video
tentang materi pembelajaran
5.
Buku
siswa
6.
Buku
guru
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Ø Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). Ø Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) Ø Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) Ø Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Penyampaian panduan cara belajar selama
Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup, Google Form dan
PPT/Power Point ). 2.
Pelaksanaan
Tugas 3. Mengamati – Peserta didik mengamati video tentang gerak dasar
lokomotor melompat dan meloncatdalam bebagai bentuk permainan sederhana atau
tradisional yang diberikan oleh guru melalui link youtube di Grup Whatsapp
(Creativity and innovation). 4. Menanya – Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi gerak dasar lokomotor melompat
dan meloncat dalam bebagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
(Critical Thinking and problem solving) 5. Menalar – Siswa mencoba
berdiskusi dengan teman dan orang disekitar, (Collaboration and
communication) 6. Mencoba – Siswa diberi
kesempatan untuk mempraktikkan gerak dasar lokomotor melompat dan meloncat
dalam bebagai bentuk permainan sederhana atau tradisional. 7. Mengkomunikasikan – Peserta didik
menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada guru (Comunication) 8.
Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya 9.
Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
E.
PENILAIAN
1. Penilaian Afektif (pengamatan dan
rekaman sikap)
2. Penilaian Kognitif (Tes tulis -
bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
3. Penilain Keterampilan (Tes
praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. - |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. - |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi :
Gerak Dasar Lokomotor dalam permainan sederhana atau
tradisional
Materi Pokok : Gerakan pemanasan
Pertemuan ke : 5
Alokasi waktu : 3
x 30 Menit
J.
TUJUAN
a. Memahami gerak dasar
nonlokomotor bentuk gerakan pemanasan dalam permainan sederhana atau
tradisional.
b. Mempraktikkan gerak
dasar nonlokomotor bentuk gerakan pemanasan dalam permainan sederhana atau
tradisional.
K.
MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
1.
Whatsapp
Grup
2.
Google
Form
3.
PPT
4.
Video
tentang materi pembelajaran
5.
Buku
siswa
6.
Buku
guru
L.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Ø Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa dipandu
melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya (Orientasi). Ø Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) Ø Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) Ø Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Penyampaian panduan cara belajar selama
Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup, Google Form dan
PPT/Power Point ). 2.
Pelaksanaan
Tugas Ø Mengamati – Peserta didik mengamati video tentang gerak dasar
nonlokomotor bentuk gerakan pemanasan dalam permainan sederhana atau
tradisional yang diberikan oleh guru melalui link youtube di Grup Whatsapp
(Creativity and innovation). Ø Menanya – Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi gerak dasar nonlokomotor
bentuk gerakan pemanasan dalam permainan sederhana atau tradisional.
(Critical Thinking and problem solving) Ø Menalar – Siswa mencoba
berdiskusi dengan teman dan orang disekitar, (Collaboration and
communication) Ø Mencoba – Siswa diberi
kesempatan untuk mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor bentuk gerakan
pemanasan dalam permainan sederhana atau tradisional. Ø Mengkomunikasikan – Peserta didik
menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada guru (Comunication) 3.
Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya 4.
Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
5.
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua 6.
Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
F.
PENILAIAN
7. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
8. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
9. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708 1
001 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi :
Gerak Dasar Non-Lokomotor dalam permainan sederhana
atau tradisional
Materi Pokok : Meliukan badan
Pertemuan ke : 6
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
b. Memahami gerak dasar
nonlokomotor meliukkan badan dalam permainan sederhana atau tradisional.
c. Mempraktikkan gerak
dasar nonlokomotor meliukkan badan dalam permainan sederhana atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
1.
Whatsapp
Grup
2.
Google
Form
3.
PPT
4.
Video
tentang materi pembelajaran
5.
Buku
siswa
6.
Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Ø Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). Ø Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) Ø Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) Ø Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Penyampaian panduan cara belajar selama
Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup, Google Form dan
PPT/Power Point ). 2.
Pelaksanaan Tugas Ø Mengamati – Peserta didik mengamati video tentang gerak dasar
nonlokomotor meliukkan badan dalam permainan sederhana atau tradisional yang
diberikan oleh guru melalui link youtube di Grup Whatsapp (Creativity and
innovation). Ø Menanya – Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi g gerak dasar nonlokomotor
meliukkan badan dalam permainan sederhana atau tradisional. (Critical
Thinking and problem solving) Ø Menalar – Siswa mencoba
berdiskusi dengan teman dan orang disekitar, (Collaboration and
communication) Ø Mencoba – Siswa diberi
kesempatan untuk mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor meliukkan badan dalam
permainan sederhana atau tradisional. Ø Mengkomunikasikan – Peserta didik
menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada guru (Comunication) 3.
Meminta kerjasama orang tua
untuk merekam berupa video gerakan anak nya 4.
Pengumpulan Tugas yang telah
diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Sebagai penutup lakukan gerakan pendinginan dengan di dampingin orang
tua 2.
Do’a penutup setelah melakukan
kegiatan |
10 menit |
G.
PENILAIAN
a. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
b. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
c. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi :Gerak Dasar Non-Lokomotor dalam permainan sederhana atau tradisional
Materi Pokok : Gerakan Kepala Pundak
lutut kaki
Pertemuan ke : 7
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Memahami gerak dasar
nonlokomotor gerakan “Kepala Pundak Lutut Kaki”
dalam permainan sederhana atau tradisional.
2. Mempraktikkan gerak
dasar nonlokomotor gerakan “Kepala Pundak Lutut Kaki”
dalam permainan sederhana atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Ø Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). Ø Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) Ø Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) Ø Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas Ø Mengamati – Peserta didik mengamati video tentang gerak dasar
nonlokomotor gerakan “Kepala Pundak Lutut Kaki”
dalam permainan sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru melalui link
youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). Ø Menanya – Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi gerak dasar nonlokomotor gerakan “Kepala Pundak Lutut Kaki” dalam permainan
sederhana atau tradisional. (Critical Thinking and problem solving) Ø Menalar – Siswa mencoba
berdiskusi dengan teman dan orang disekitar, (Collaboration and
communication) Ø Mencoba – Siswa diberi
kesempatan untuk mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor gerakan “Kepala Pundak Lutut Kaki” dalam permainan
sederhana atau tradisional. Ø Mengkomunikasikan – Peserta didik
menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
H.
PENILAIAN
d. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
e. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
f. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi :Gerak Dasar Non-Lokomotor dalam permainan sederhana atau tradisional
Materi Pokok : Gerakan menarik dan
mendorong
Pertemuan ke : 8
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Memahami
gerak dasar nonlokomotor gerakan menarik dan mendorong dalam
permainan sederhana atau tradisional.
- Mempraktikkan
gerak dasar nonlokomotor gerakan menarik dan mendorong dalam
permainan sederhana atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Ø Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). Ø Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) Ø Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) Ø Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas Ø Mengamati – Peserta didik mengamati video tentang gerak dasar
nonlokomotor gerakan menarik dan mendorong
dalam permainan sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru melalui link
youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). Ø Menanya – Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi gerak dasar nonlokomotor gerakan menarik dan mendorong dalam permainan
sederhana atau tradisional. (Critical Thinking and problem solving) Ø Menalar – Siswa mencoba
berdiskusi dengan teman dan orang disekitar, (Collaboration and communication) Ø Mencoba – Siswa diberi kesempatan
untuk mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor gerakan
menarik dan mendorong dalam permainan sederhana atau tradisional. Ø Mengkomunikasikan – Peserta didik
menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
I.
PENILAIAN
g. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
h. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
i.
Penilain
Keterampilan (Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi : Gerak dasar manipulatif dalam permainan
sederhana atau tradisional
Materi Pokok : Bola Kasti
Pertemuan ke : 9
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Memahami variasi gerak dasar manipulatif melempar, menangkap dan memukul
bola dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
- Mempraktikkan
variasi gerak dasar manipulatif
melempar, menangkap dan memukul bola dalam berbagai bentuk permainan sederhana
atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
-
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). -
Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) -
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) -
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas -
Mengamati – Peserta didik
mengamati video tentang variasi gerak dasar
manipulatif melempar, menangkap dan memukul bola dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru melalui link
youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). -
Menanya – Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
variasi gerak dasar manipulatif
melempar, menangkap dan memukul bola dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional. (Critical Thinking and problem solving) -
Menalar – Siswa mencoba berdiskusi dengan teman dan orang disekitar,
(Collaboration and communication) -
Mencoba – Siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan variasi gerak
dasar manipulatif melempar, menangkap
dan memukul bola dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional. -
Mengkomunikasikan – Peserta didik menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada
guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
J.
PENILAIAN
j.
Penilaian
Afektif (pengamatan dan rekaman sikap)
k. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
l.
Penilain
Keterampilan (Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi : Gerak dasar manipulatif dalam permainan
sederhana atau tradisional
Materi Pokok : Sepak Bola
Pertemuan ke :
10
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Memahami variasi gerak dasar manipulatif melempar, menangkap dan memukul
bola dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
- Mempraktikkan
variasi gerak dasar manipulatif
melempar, menangkap dan memukul bola dalam berbagai bentuk permainan sederhana
atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
-
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya (Orientasi). -
Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) -
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) -
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas -
Mengamati
– Peserta didik mengamati video tentang variasi gerak
dasar manipulatif menendang bola dalam
berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru
melalui link youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). -
Menanya – Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
variasi gerak dasar manipulatif
menendang dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
(Critical Thinking and problem solving) -
Menalar – Siswa mencoba berdiskusi dengan teman dan orang disekitar,
(Collaboration and communication) -
Mencoba – Siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan variasi gerak
dasar manipulatif menendang dalam
berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional. -
Mengkomunikasikan – Peserta didik menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada
guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
K.
PENILAIAN
m. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
n. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
o. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi : Gerak dasar manipulatif dalam permainan
sederhana atau tradisional
Materi Pokok : Memantulkan bola
Pertemuan ke :
11
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Memahami gerak dasar
manipulatif memantulkan bola dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau tradisional.
- Mempraktikkan gerak
dasar manipulatif memantulkan bola dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
-
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). -
Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) -
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) -
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas -
Mengamati
– Peserta didik mengamati video tentang gerak
dasar manipulatif memantulkan bola dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru melalui link youtube di
Grup Whatsapp (Creativity and innovation). -
Menanya – Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
gerak dasar manipulatif memantulkan bola dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional. (Critical Thinking and problem solving) -
Menalar – Siswa mencoba berdiskusi dengan teman dan orang disekitar,
(Collaboration and communication) -
Mencoba – Siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan gerak dasar manipulatif memantulkan
bola dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional. -
Mengkomunikasikan – Peserta didik menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada
guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
L.
PENILAIAN
p. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
q. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
r.
Penilain
Keterampilan (Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi : Kebugaran Jasmani
Materi Pokok : Sikap tubuh (Duduk,
membaca, berdiri dan berjalan)
Pertemuan ke :
12
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Memahami gerakan sikap tubuh (duduk, membaca,
berdiri dan berjalan) dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional.
- Mempraktikkan
gerakan Sikap
tubuh (duduk, membaca, berdiri dan berjalan) dalam
berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
-
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). -
Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) -
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) -
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas -
Mengamati
– Peserta didik mengamati video tentang gerakan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri dan berjalan)
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional yang diberikan
oleh guru melalui link youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). -
Menanya – Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
gerakan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri dan
berjalan) dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
(Critical Thinking and problem solving) -
Menalar – Siswa mencoba berdiskusi dengan teman dan orang disekitar,
(Collaboration and communication) -
Mencoba – Siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan gerakan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri dan berjalan)
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional. -
Mengkomunikasikan – Peserta didik menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada
guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
M.
PENILAIAN
s. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
t.
Penilaian
Kognitif (Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
u. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi : Kebugaran Jasmani
Materi Pokok : Berjalan seimbang di
atas balok
Pertemuan ke :
13
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Memahami gerakan berjalan seimbang di atas balok dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
- Mempraktikkan
gerakan berjalan
seimbang di atas balok dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
-
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). -
Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) -
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) -
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas -
Mengamati
– Peserta didik mengamati video tentang gerakan berjalan seimbang di atas balok dalam berbagai
bentuk permainan sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru melalui
link youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). -
Menanya – Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
gerakan berjalan seimbang di atas balok
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional. (Critical
Thinking and problem solving) -
Menalar – Siswa mencoba berdiskusi dengan teman dan orang disekitar,
(Collaboration and communication) -
Mencoba – Siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan gerakan berjalan seimbang di atas balok dalam berbagai
bentuk permainan sederhana atau tradisional. -
Mengkomunikasikan – Peserta didik menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada
guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
N.
PENILAIAN
v. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
w. Penilaian Kognitif
(Tes tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
x. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP PJOK DALAM JARINGAN ( DARING )
Satuan Pendidikan : SDN
DIMANA SAJA
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : -
Sub Tema : -
Materi : Kebugaran Jasmani
Materi Pokok : Bermain menelusuri
jejak
Pertemuan ke :
14
Alokasi waktu : 3 x 30 Menit
A.TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Memahami gerakan bermain menelusuri jejak dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
- Mempraktikkan
gerakan bermain
menelusuri jejak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional.
B.MEDIA,
ALAT PEMBELAJARAN
- Whatsapp
Grup
- Google
Form
- PPT
- Video
tentang materi pembelajaran
- Buku
siswa
- Buku
guru
C.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
-
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa
dipandu melalui Grup Whatsapp, Zoom, Google Meet dan aplikasi lainnya
(Orientasi). -
Mengecek kehadiran peserta didik dengan mengabsen (Disiplin) -
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan
diharapkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) -
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Penyampaian
panduan cara belajar selama Covid-19/ PJJ Kepada peserta didik oleh guru (Whatsapp Grup,
Google Form dan PPT/Power Point ). Pelaksanaan
Tugas -
Mengamati
– Peserta didik mengamati video tentang gerakan bermain menelusuri jejak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau tradisional yang diberikan oleh guru melalui link
youtube di Grup Whatsapp (Creativity and innovation). -
Menanya – Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
gerakan bermain menelusuri jejak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional. (Critical Thinking and
problem solving) -
Menalar – Siswa mencoba berdiskusi dengan teman dan orang disekitar,
(Collaboration and communication) -
Mencoba – Siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan gerakan bermain menelusuri jejak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau tradisional. -
Mengkomunikasikan – Peserta didik menyampaikan proses melakukan pembelajaran pada
guru (Comunication) Meminta
kerjasama orang tua untuk merekam berupa video gerakan anak nya Pengumpulan
Tugas yang telah diberikan oleh guru. |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Sebagai penutup lakukan gerakan
pendinginan dengan di dampingin orang tua Do’a penutup setelah melakukan kegiatan |
10 menit |
O.
PENILAIAN
y. Penilaian Afektif
(pengamatan dan rekaman sikap)
z. Penilaian Kognitif (Tes
tulis - bentuk soal melalui Whatapp Grup atau Google Form)
aa. Penilain Keterampilan
(Tes praktik - rubrik penialaian melalui video)
Mengetahui Kepala
Sekolah, KS
Bapak/IBU NIP. -198210
1 001 |
Kota Bapak
IBu, ............... Guru Kelas
PJOK Nama
Bapak/Ibu NIP. -201708
1 001 |
Posting Komentar