RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Matematika (Peminatan)
Kelas /Semester :
X/Ganjil
Materi Pokok :
Fungsi Eksponensial
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi
Waktu : 24 JP (8Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
No
|
Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menghargai danmenghayatiajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
Menghargai danmenghayatiperilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri dalamberinteraksi
secaraefektif dengan lingkungan
sosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampakmata
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) danranah
abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah
dan sumberlain yangsama
dalamsudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1
Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan
Persamaan dan pertidaksamaan Eksponensial menggunakan masalah kontekstual,
serta keberkaitanannya
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian fungsi eksponesial dan fungsi
logaritma
3.1.2 Menganalisis unsur-unsur yang terdapat pada fungsi
eksponesial dan fungsi logaritma
3.1.3 Menganalisis grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi
eksponensial dan fungsi logaritma
3.1.4 Menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi
logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
|
4.1 Menyajikan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan
Persamaan dan pertidaksamaan Eksponensial
|
4.1.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi
eksponensial dan fungsi logaritma
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model Discovery
Learning dipadukan dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan
mampu: Besikap logis dan kritis dalam mempelajari konsep fungsi eksponensial,
menjelaskan sifat-sifat eksponensial, menyelasaikan masalah tentang fungsi
eksponensial, menyelesaikan masalah tentang persamaan eksponensial,
menyelasikan masalah tentang pertidaksamaan eksponensial Dengan rasa rasa ingin
tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur,
percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir
kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu
berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
·
Sifat-sifat Eksponensial
-
pangkal bulat positif
-
pangkal bulat Nol
-
Pangkal bulat negatif
-
sifat-sifat pangkat bilangan
·
Grafik fungsi Eksponensial
-
Pengertian fungsi Eksponensial
-
Bentuk umum fungsi Eksponensial
-
Menggambar grafik fungsi Eksponensial
·
Persamaan dan pertidaksamaan Eksponensial
-
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
-
Penyelesaian persamaan Eksponensial
-
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
-
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.
Metode :
Ceramah,Diskusi,Tanya jawab, Penugasan
F.
Media, Alat dan
bahan Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang (slide power point)
4.
Whiteboard
5.
Spidol
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Mata Pelajaran Matematika (peminatan) kelas X Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
siswa Mata Pelajaran Matematika (peminatan) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
3.
Internet
4.
Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal Bulat Positif
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
SintakModel
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
dengan
cara :
v Mengamati
Peserta
didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Mendengar
Peserta
didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan
dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Menyimak,
Peserta
didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Aktivitas
Peserta
didik di minta untuk menyelesaikan maslah di bawah ini
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
pangkal bulat positif
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal Bulat Positif
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
dengan
cara :
v Mengamati
Peserta
didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Mendengar
Peserta
didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan
dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Menyimak,
Peserta
didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Aktivitas
Peserta
didik di minta untuk menyelesaikan maslah di bawah ini
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Nol
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal Bulat Nol
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
dengan
cara :
v Mengamati
Peserta
didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Mendengar
Peserta
didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan
dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Menyimak,
Peserta
didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Aktivitas
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal bulat Negatif
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
4.
Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Pangkal Bulat Negatif
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat
Bilangan
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
dengan
cara :
v Mengamati
Peserta
didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Mendengar
Peserta
didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan
dengan:
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Menyimak,
Peserta
didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Mendiskusikan
Peserta
didik di minta untuk mendiskusikan secara kelompok permasalahan
berikut ini.
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat Bilangan
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian
projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
5.
Pertemuan Ke-5 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Sifat-Sifat Eksponensial
·
Sifat-sifat pangkat
Bilangan
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi Eksponensial
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
dengan
cara :
v Mengamati
Peserta
didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Mendengar
Peserta
didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan
dengan:
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Menyimak,
Peserta
didik diminta untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Mendiskusikan
Peserta
didik di minta untuk mendiskusikan secara kelompok permasalahan
berikut ini.
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi
Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Grafik fungsi Eksponensial
·
Pengertian fungsi Eksponensial
·
Bentuk umum fungsi
Eksponensial
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
6. Pertemuan
Ke-6( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Grafik Fungsi Eksponensial
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø Grafik Fungsi Eksponensial
·
Menggambar grafik fungsi
Eksponensial
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
SintakModel
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
dengan
cara :
v Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik
diminta untuk mendiskusikan Menggambar grafik fungsi Eksponensial
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Menggambar
grafik fungsi Eksponensial
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
7.
Pertemuan Ke-7( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Menggambar grafik fungsi Eksponensial
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Persamaan Dan Pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan
Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan
Eksponensial
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
SintakModel
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
dengan
cara :
v Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensia
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial l
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
v Aktivitas
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan Eksponensial
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian
projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
8.
Pertemuan Ke-8 ( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Menggambar grafik fungsi Eksponensial
·
Bentuk-bentuk persamaan
Eksponensial
·
Penyelesaian persamaan
Eksponensial
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø Persamaan Dan Pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk
pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian
pertidaksamaan Eksponensial
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
dengan
cara :
v Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer
perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensia
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok
yaitu
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Aktivitas
v Saling tukar
informasi tentang :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa
: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan Eksponensial
·
Bentuk-bentuk pertidaksamaan Eksponensial
·
Penyelesaian pertidaksamaan Eksponensial
|
|
105
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2)
Tes Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek,
pengamatan, wawancara’
·
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi
pokok
·
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
·
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan
eksplorasi
2)
Portofolio / unjuk kerja
·
Laporan tertulis individu/ kelompok
3)
Produk,
2.
Instrumen Penilaian
·
Terlampir
3.
PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum
mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial
terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial
karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),
b.
Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik
mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang
telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai
kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran
yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Palas, 17 Juli 2018
Mengetahui : Guru Mata Pelajaran
Posting Komentar